UMBandung
News

Mahasiswa Kriya Tekstil dan Fashion UM Bandung Ekspresikan Jiwa Kreatif Melalui Pameran Artma Kala Exhibition

×

Mahasiswa Kriya Tekstil dan Fashion UM Bandung Ekspresikan Jiwa Kreatif Melalui Pameran Artma Kala Exhibition

Sebarkan artikel ini
Dokumentasi prodi dan mahasiswa Kriya Tekstil dan Fashion UM Bandung.***

BANDUNGMU.COM, Bandung – Mahasiswa prodi Kriya Tekstil dan Fashion (KTF) UM Bandung angkatan 2020 sukses menyelenggarakan pameran Artma Kala Exhibition.

Pameran ini berlangsung di Gedung Yayasan Pusat Kebudayaan (YPK), Jalan Naripan Nomor 06-09, Kota Bandung, Jawa Barat, dari Sabtu-Rabu (17-21/02/2024).

Pameran ini dibuka oleh Dekan Fakultas Sosial dan Humaniora UM Bandung Nanang Rizali dengan simbolis gunting pita yang disaksikan tamu undangan beserta pengunjung pameran.

Dokumentasi UKM Bewara Pers UM Bandung.***

Artma Kala Exhibition merupakan implementasi dari mata kuliah Teknik Presentasi. Pameran ini mempersembahkan karya mahasiswa dan seniman internasional.

Dengan mengusung tema “Expression of Art and Fashion”, Artma Kala Exhibition bertujuan membawa pengunjung tidak hanya sebagai penikmat.

Baca Juga:  Tradisi Mengaji Harus Tetap Terjaga Oleh Warga Muhammadiyah

Namun, juga membuka pintu ke dalam pikiran manusia dan memberikan wawasan tentang pandangan seorang seniman.

“Pameran ini menjadi wadah mengekspresikan diri melalui berbagai karya. Pameran ini berskala internasional yang dihadiri oleh empat negara, yakni Indonesia, Malaysia, China, dan Pakistan,” tutur Ketua Pelaksana Artma Kala Exhibition Falah Ardhyanti.

“Kegiatan pembukaannya ada fashion show. Kita juga akan menggelar fashion show lagi di hari penutupan tanggal 21 Februari dari pukul 10 sampai 11 siang,” kata Falah.

Falah berharap para pengunjung yang datang ke pameran bisa merasakan apa sesungguhnya karya seni yang mempunyai filosofi tertentu. Ia juga berharap pengunjung bisa lebih menghargai karya seni yang dihasilkan oleh para seniman.

Baca Juga:  Ahmad Syafii Maarif Diabadikan Menjadi Nama Jalan di Sumatera Barat

Sementara itu, dosen pengampu mata kuliah Teknik Presentasi Asep Miftahul Falah menjelaskan bahwa mata kuliah ini menghadirkan perpaduan antara seni dan model sebagai media ekspresi yang saling melengkapi.

“Artma Kala Exhibition menghadirkan pameran fotografi, seni murni, lukisan, drawing, tekstil, fashion, aksesoris, dan sebagainya,” tutur Asep.

Membuka cakrawala

Kegiatan ini dibuka mulai pukul 10 hingga 17 WIB dan ada kurang lebih ada 200 pengunjung yang datang saat pembukaan.

Melalui kegiatan ini Asep berharap mahasiswa KTF UM Bandung bisa membuka cakrawala dunia untuk berkompetensi secara luas.

Baca Juga:  Jawa Barat Siap Jadi Tuan Rumah Muktamar ke-14 Nasyiatul Aisyiyah

“Saya berharap setiap mahasiswa dapat membangun jejaring kerja sama dengan orang yang memiliki kompetensi dan bisa membuka pasar,” ungkap Asep.

Selain itu, Asep juga berharap mahasiswa dapat memberikan penghargaan terhadap setiap karya yang dibuatnya salah satunya melalui pameran.

“Karya itu harus dipamerkan. Kalau tidak dipamerkan, bagaimana orang mau mengapresiasi. Maka dari itu, pameran ini sebagai bentuk ekspresi jiwa-jiwa kreatif yang kemudian akan ditularkan kepada masyarakat yang melihatnya,” tandas Asep.

Tambahan informasi, pembukaan pameran ini dihadiri tamu undangan dari Pengelola Gedung YPK, Kaprodi Kriya Tekstil dan Fashion, dan dosen hingga mahasiswa Kriya Tekstil dan Fashion.***(Tasya Safera)

Seedbacklink