UMBandung
Life Style

Manfaat Air Kelapa untuk Cegah Dehidrasi Selama Puasa

×

Manfaat Air Kelapa untuk Cegah Dehidrasi Selama Puasa

Sebarkan artikel ini
Foto: Getty Images/iStockphoto/pilipphoto

BANDUNGMU.COM – Salah satu minuman yang baik dikonsumsi selama puasa adalah air kelapa. Air kelapa dapat membantu untuk mencegah dehidrasi. Ini sebabnya!

Selama puasa kita tidak diperbolehkan makan dan minum. Oleh karenanya, tubuh kita pasti akan kekurangan cairan dan menyebabkan dehidrasi.

Untuk mencegahnya, ada beberapa makanan dan minuman yang baik dikonsumsi. Seperti buah yang kaya air dan minum air putih yang cukup. Alternatif lainnya bisa mengonsumsi air kelapa.

Tak heran, selama bulan Ramadan banyak sekali penjual kaki lima yang menawarkan kelapa muda. Kamu bisa menyajikan air kelapa dengan tambahan es batu agar lebih menyegarkan.

Dilansir dari Says (25/5), air kelapa baik dikonsumsi untuk mencegah dehidrasi dan membuat tubuh tetap segar. Air kelapa yang dikonsumsi saat buka puasa bisa mengisi kembali cairan tubuh yang berkurang.

Baca Juga:  Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas

Karena, air kelapa mengandung elektrolit yang merupakan mineral alami yang terdapat dalam makanan dan tubuh. Zat bermuatan listrik ini dapat dengan mudah diserap oleh tubuh dan bisa menghidrasi tubuh lebih cepat.

Selain itu, mengonsumsi cairan elektrolit yang cukup dapat menjaga keseimbangan elektrolit yang sehat dalam tubuh. Bisa juga menyeimbangkan kadar pH, detoksifikasi, dan meningkatkan kesehatan otak.

Dilansir dari Khaleej Times (12/6), air kelapa juga mengandung potasium yang berfungsi dalam memberikan hidrasi optimal pada tubuh. Mitun Desarkar ahli nutrisi dan diet dari Dubai juga menganjurkan minum air kelapa saat buka puasa agar tubuh kembali terhidrasi, seperti dilansir dari Gulf News (9/5).

Baca Juga:  Agar Konsumen Puas dan Senang, Karyawan UM Bandung Wajib Miliki 5 Karakter Ini, Apa Saja?

Tak hanya untuk menghidrasi tubuh, air kelapa juga memiliki 4 manfaat lain. Dilansir dari Halal Girl About Town (5/4), berikut manfaat air kelapa:

1. Rendah Kalori dan Gula

Alasan mengapa air kelapa baik dikonsumsi saat buka puasa adalah rendah kalori dan gula. Air kelapa memiliki rasa manis yang alami, tanpa tambahan pemanis juga sudah terasa enak dan segar. Kandungan kalorinya juga sangat rendah. Dalam satu gelas (147 ml) air kelapa hanya mengandung sekitar 46 kalori.

Baca Juga:  Tiga Mahasiswa Teknologi Pangan UM Bandung Raih Juara Tiga Nasional Lomba Esai

2. Penambah Energi

Puasa selama sehari penuh tanpa makan dan minum bisa menyebabkan energi berkurang. Air kelapa baik dikonsumsi untuk menambah energi. Karena di dalam air kelapa juga mengandung vitamin C yang baik untuk meningkatkan imunitas dan energi.

3. Menurunkan Tekanan Darah dan Risiko Stroke

Air kelapa juga mengandung kalium yang tinggi. Kandungan ini dapat membantu menurunkan natrium dalam darah yang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi.

4. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Gangguan kesehatan yang sering dialami selama puasa adalah masalah pencernaan. Karena air kelapa mengandung magnesium, maka saat mengonsumsinya secara rutin dapat membantu mencegah sembelit.

Sumber: FoodDetik.com

Seedbacklink