UMBandung
Islampedia

Meraih Kesuksesan di Tahun 2024: Target dan Prioritas Umat Islam Menurut Dadang Kahmad

×

Meraih Kesuksesan di Tahun 2024: Target dan Prioritas Umat Islam Menurut Dadang Kahmad

Sebarkan artikel ini

BANDUNGMU.COM — Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dadang Kahmad mengajak umat Islam Indonesia untuk merenung dan menatap tahun 2024 dengan semangat untuk berbuat lebih baik dari sebelumnya.

Ketua Badan Pembina Harian UM Bandung ini juga mendorong umat Islam untuk merencanakan dan melaksanakan tindakan-tindakan lebih baik dalam berbagai aspek kehidupan.

“Dalam konteks agama, kita perlu memperbaiki kualitas keberagamaan, juga meningkatkan kehidupan duniawi kita. Hal ini termasuk dalam meningkatkan pengetahuan agama dan mencapai berbagai target positif,” ujar Dadang seperti yang dikutip dari Youtube TVMU pada Selasa (02/01/2024).

Menurut Dadang, dalam aspek kehidupan duniawi, perlu adanya peningkatan kesejahteraan yang lebih baik dari 2023. Dia juga mengajak umat Islam untuk menetapkan target-targek yang ingin dicapai, seperti menetapkan jumlah buku yang akan dibaca dalam setahun.

Baca Juga:  Perbanyak Cari Kesamaan Demi Persatuan Umat Islam

“Kita perlu menetapkan target, baik yang bersifat kualitatif maupun kuantitatif, untuk melakukan perubahan positif yang lebih baik dari masa lalu karena prinsip orang Islam adalah bahwa hari esok harus lebih baik dari kemarin,” jelas Dadang.

Dadang menjelaskan bahwa pergantian tahun adalah momen penting untuk evaluasi dan perencanaan sebagaimana digambarkan surah Al-Hashr ayat 18 yang intinya mengajak orang-orang beriman untuk bertakwa kepada Allah, mengevaluasi perbuatan masa lalu, dan merencanakan masa depan dengan hati-hati.

“Menutup tahun dengan rasa syukur kepada Allah SWT adalah langkah awal yang kuat. Evaluasi terhadap pencapaian dan harapan di masa depan menjadi fokus dalam perencanaan tahun baru ini. Baik bagi umat Islam, meningkatkan kualitas keberagamaan, kehidupan duniawi, dan aspek lainnya adalah prioritas utama,” tambah Dadang.

Baca Juga:  Tradisi Literasi dan Spiritualitas Merupakan Fondasi Kemajuan

Meningkatkan pengetahuan agama, menguatkan keberagamaan melalui pembacaan Al-Quran, dan memberikan perhatian lebih pada kemanusiaan adalah beberapa target positif yang harus dikejar di tahun yang baru.

Selain itu, dalam kehidupan bermasyarakat, tujuan untuk memperkaya kehidupan spiritual melalui kontemplasi dan internalisasi agama juga menjadi fokus utama.

Dadang menyoroti tahun 2024 sebagai saat yang krusial dalam konteks Muhammadiyah. Rencana kerja dan prioritas organisasi, termasuk upaya meningkatkan digitalisasi, menyelesaikan proyek museum, dan memperkuat jaringan jurnalisme, menjadi fokus utama untuk membawa perubahan positif.

Baca Juga:  Moderat Adalah Ruh Islam Sesungguhnya

Tidak hanya itu, dalam konteks politik Indonesia, tahun 2024 membawa harapan besar dan tantangan serius. Dengan pemilihan umum sebagai sorotan utama, Muhammadiyah mengajak masyarakat untuk mengantisipasi proses politik ini dengan penuh tanggung jawab.

“Pemilihan pemimpin yang amanah, berintegritas, dan bertanggung jawab kepada rakyat menjadi cita-cita yang sangat diharapkan,” tandas Dadang.

“Dalam menyambut tahun baru 2024 adalah tetap bersyukur atas nikmat yang telah diterima sambil bertawakal kepada Allah SWT untuk meraih kesuksesan di masa depan,” tegas Dadang.***

PMB UM Bandung