UMBandung
News

Pentingnya Sinergi Pendidikan dan Ormas Islam dalam Membentuk Karakter Pemuda Indonesia

×

Pentingnya Sinergi Pendidikan dan Ormas Islam dalam Membentuk Karakter Pemuda Indonesia

Sebarkan artikel ini
Foto: muhammadiyah-jabar.id.

BANDUNGMU.COM, Bekasi – Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Bekasi, bekerja sama dengan Institut STIAMI (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mandala Indonesia), menggelar seminar nasional bertema “Membangun Paham Kebangsaan: Upaya Meneguhkan Kedaulatan, Karakter, dan Kepribadian Pemuda di Kabupaten Bekasi.”

Kegiatan ini berlangsung pada Ahad, 23 Juni 2024, di Kampus B Institut STIAMI Cikarang. Seminar tersebut menghadirkan narasumber terkemuka yang ahli dan berpengalaman di bidangnya masing-masing, termasuk Mahmud (Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung periode 2019-2023), Ma’mun Murod (Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta), Roni Pradana (Analis DPD RI Bagian Perancangan UU), Budi Muhammad Mustafa, (Ketua DPD PKS Kabupaten Bekasi), dan Royani (Wakil Ketua Baznas Kabupaten Bekasi).

Dalam sambutannya, Plt Rektor Institut STIAMI Euis Komalawati mengapresiasi kolaborasi dengan Muhammadiyah dan menekankan pentingnya sinergi antara lembaga pendidikan dan ormas Islam dalam membangun paham kebangsaan serta memperkuat karakter dan kepribadian pemuda di Kabupaten Bekasi.

Pada sesi diskusi, Prof. Ma’mun Murod menyoroti bahwa nasionalisme saat ini sering dimaknai secara parsial oleh kalangan elite, yang menyebabkan perpecahan di masyarakat. “Pemuda sebagai penerus masa depan hendaknya memandang nasionalisme secara utuh, dimulai dari memahami sejarah bangsa,” ujarnya.

Baca Juga:  Milad IMM ke-57, Agung Tirta Wibawa: Gerakan IMM Harus Trending di Medsos!

Kegiatan ini mendapat respons antusias dari peserta, yang terdiri dari Pimpinan Cabang dan Pimpinan Amal Usaha Muhammadiyah serta mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kabupaten Bekasi.***(AW)

PMB UM Bandung