UMBandung
News

Ribuan Pencari Kerja Serbu Job Fair Yang Digelar Disnaker Kota Bandung

×

Ribuan Pencari Kerja Serbu Job Fair Yang Digelar Disnaker Kota Bandung

Sebarkan artikel ini
Foto: bandung.go.id.

BANDUNGMU.COM, Bandung — Ribuan warga antusias menghadiri job fair yang diselenggarakan oleh Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Bandung di Grand Lodakara Hall pada Selasa (25/06/2024). Sejak pagi, warga telah mengantre untuk mencari peluang pekerjaan.

Salah satu peserta, Septi (18), datang khusus untuk mencari pekerjaan di acara tersebut. Menurutnya, job fair ini memudahkan proses pencarian kerja. “Tadi saya sudah mengunjungi stand Sosro, Alfamart, dan IBF. Masih mencari-cari, belum melamar. Semoga ada yang berjodoh. Ini sangat membantu dalam mencari lowongan kerja,” katanya seperti dikutip dari laman bandung.go.id.

Di tempat yang sama, Rama Suryaatmaja (25), lulusan salah satu perguruan tinggi di Bandung, mengetahui acara ini dari media sosial. Ia sedang mencari pekerjaan di bidang marketing dan sales. Rama merasa terbantu dengan aplikasi New BIMMA yang disediakan oleh Disnaker Kota Bandung. “Jadi, lebih mudah memasukkan data dan persyaratan, bisa langsung melalui aplikasi. Harapannya lebih banyak perusahaan yang bergabung dan harinya bisa ditambah,” ujarnya.

Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono, menyatakan bahwa Pemerintah Kota Bandung terus mendampingi dan memfasilitasi para pencari kerja, salah satunya melalui job fair ini. “Ini adalah gelaran job fair pertama tahun ini dan akan ada lagi pada September 2024 dengan lebih banyak formasi yang bisa diakses. Mudah-mudahan bisa dimanfaatkan masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga:  Mengenal Logo Kota Bandung: Ex Undis Sol Vs Gemah Ripah Wibawa Mukti

Kepala Disnaker Kota Bandung, Andri Darusman, menambahkan bahwa bursa kerja ini mampu menyerap tenaga kerja secara optimal. “Pada tahun 2023, sebanyak 62,09 persen pencari kerja berhasil mendapatkan pekerjaan melalui bursa kerja. Kali ini, job fair diikuti oleh 41 perusahaan dengan 5.435 lowongan pekerjaan. Kami menargetkan 10.000 pengunjung selama dua hari, 25-26 Juni 2024,” ungkapnya.

Andri berharap minimal 50 persen dari jumlah lowongan yang tersedia dapat terisi. “Job fair ini juga dilaksanakan secara hybrid bekerja sama dengan JobStreet. Rencananya, akan ada dua kali job fair sepanjang tahun 2024. Mudah-mudahan bisa dimanfaatkan oleh para lulusan fresh graduate dan lulusan SMK atau SMA yang tidak melanjutkan jenjang pendidikan berikutnya,” tambahnya.***

PMB UM Bandung