Selesai Gelar Akreditasi, Kaprodi Ilkom: Kita Bertekad Menjadi Prodi yang Sangat Baik pada 2022

oleh -

BANDUNGMU.COM – Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Bandung (UMBandung) telah melakukan serangkaian proses akreditasi program studi pada 5-6 April 2021.

Dalam pelaksanaan akreditasi daring ini, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) bertindak sebagai penilai.

Dua asesor BAN-PT yang bertugas yaitu Dr. Catur Suratnoaji, M.Si. dari Universitas Pembangunan Nasional dan Dr. S. Bekti Istiyanto dari Universitas Jenderal Soedriman.

Ketua Prodi Ilmu Komunikasi UMBandung Dra. Euis Evi Puspitasari, M.Si. mengatakan, hal yang dinilai oleh tim asesor dalam asesmen lapangan atau akreditasi setidaknya meliputi sembilan unsur.

Yakni mulai dari tata pamong sampai luaran lulusan mahasiswa yang sudah dioptimalkan selama lima tahun untuk mencapai visi dan misi, baik itu prodi, fakutas, maupun universitas.

”Dari hasil ini kan lima tahun bagaimana kita mengoptimalkan mulai dari tata pamong sampai lulusan mahasiswanya supaya tercapai visi dan misi prodi, fakultas, dan universitas. Karena sebetulnya prodi itu menurunkan visi dan misi besar universitas,” ucap Euis.

Euis mengatakan, prodi berusaha keras dalam pelaksanaan pembelajaran yang mengarah pada visi UMBandung, yakni technopreneur university. Ilmu Komunikasi, menurut Euis, ingin menjadi prodi yang sangat baik pada 2022.

”Mudah-mudahan satu tahun ke depan kalau sekarang akreditasinya masih baik tahun depan kita bisa mereakreditasi lagi untuk mencapai apa yang kita cita-citakan jadi prodi yang sangat baik di bidang komunikasi berbasis technopreneur dan berakarekter islami,” tutur Euis.

Sementara itu menurut Dekan Fakultas Sosial dan Humaniora (Soshum) Prof. Dr. Nanang Rizali, M.Ds., pelaksaanan akreditasi yang telah dilakukan oleh dua prodi di Fakultas Soshum, yaitu Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi, merupakan pengalaman yang cukup berharga.

”Pengalaman yang lalu memang seperti kita ketahui bahwa UMBandung baru berjalan hampir lima tahun. Kalau diibaratkan seorang bayi ya kita masih merangkak, mau berjalan, mau berdiri, jadi tentu saja banyak kurang lebihnya dan itu kita akui bersama oleh fakultas atau prodi,” ujar Prof. Nanang.

Prof. Nanang mengatakan, pelaksanaan akreditasi yang dilakukan oleh Prodi Ilmu Komunikasi merupakan sebuah ujian, baik bagi fakultas maupun prodi, untuk meningkatkan mutu kualitas dalam pelaksanaan chatur dharma.

”Karena kita UMBandung, jadi bukan hanya tridarma, melainkan ada pengajaran, penelitian, pengabdian, ada juga keislaman ada kemuhammadiyahan,” kata Prof. Nanang.

Pada waktu yang sama juga Wakil Rektor II UMBandung Dr. Drs. Ia Kurnia, M.Pd. mengapresiasi dan mendukung suksesnya pelaksanaan akreditasi Prodi Ilmu Komunikasi.

Kurnia mengatakan, pelaksanaan akreditasi Prodi Ilmu Komunikasi bisa membanggakan semua mahasiswa UMBandung, khususnya mahasiswa Ilmu Komunikasi.

”Saya selaku pimpinan merasa bangga dan berterima kasih kepada seluruh tim prodi ilmu komunikasi. Terutama kepada Kaprodi Ilkom dan tim-tim dosen dan juga tim support yang telah mendukung seluruh rangkaian kegiatan asesmen lapangan ini,” pungkas Kurnia.***

Reporter: Firman Katon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *