Sukseskan Kegiatan KKN, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMBandung Gelar Seminar Literasi Media

oleh -
Kegiatan seminar literasi yang diadakan mahasiswa Ilmu Komunikasi UMBandung (Foto: kpidjabar.id)

BANDUNGMU.COM – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bandung (UMBandung) jurusan Ilmu Komunikasi (ilkom) mengadakan Seminar Literasi Media di Perguruan Darul Arqam, Kp. Bojongsari, Sukaluyu, Cianjur, Jawa Barat, pada Selasa 23 Maret 2021.

Seminar yang mengangkat tema ”Pemanfaatan Media Digital Guna Meningkatkan Ekonomi Keumatan” ini menjadi salah satu program kuliah kerja nyata (KKN) mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi UMBandung.

Melalui seminar tersebut, para mahasiswa yang berasal dari perguruan Muhammadiyah ini ingin berbagi ilmu yang didapat, salah satunya tentang pemanfaatan media digital, kepada masyarakat  Kp. Bojongsari.

Pada acara ini, para mahasiswa ilkom mengundang Ketua Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Muhammadiyah Jawa Barat Kelik Nursetiyo Widianto dan Anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat Roni Tabroni sebagai pemateri.

”Banyak potensi yang bisa jadi bahan untuk buat konten di medsos mengenai Muhammadiyah. Kita bukan sekadar sebagai pengguna media sosial, melainkan harus bisa membuat produk di sebuah media supaya bermanfaat,” ucap Kelik.

Sementara itu, menurut Roni, mahasiswa bisa ikut andil menanamkan atau menyebarkan kebiasaan kepada masyarakat mengenai apa-apa saja yang terjadi di dunia digital. Pemanfaatan radio sebagai teknologi digital menjadi salah satu contoh yang perlu dilakukan oleh para mahasiswa.

Menurut Roni, KPID Jabar sudah melakukan pemanfaatan teknologi digital, yakni dengan mengadakan program siaran dakwah sejuk yang sudah berkerja sama dengan MUI Jabar. Dengan program tersebut, lanjut Roni, mahasiswa dapat menyebarkan dakwahnya kepada masyarakat.

”Inilah pentingnya mahasiawa Muhammadiyah menguasai teknologi digital untuk dimanfaatkan bagi sebesar-besar kemakmuran masyarakat, mulai dari dakwah, edukasi, hingga ekonomi,” ucap Roni.

Roni menambahkan, pemanfaatan dunia digital tidak hanya di televisi. Namun, berbagai macam media seperti youtube dan blog pribadi yang memiliki video bisa menjadi pemanfaatan ruang digital.

”Literasi media harus berkembang untuk ekonomi keumatan. Perlu kita sadari bahwa digitalisasi akan terus berkembang pesat sehingga pemanfaatanna harus kita gunaan dengan baik,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *