Hari Sungai Nasional, BBWS Citarum Minta Warga Lebih Peduli

oleh -
BBWS Citarum meminta masyarakat Jawa Barat, khususnya yang berada di DAS Sungai Citarum untuk lebih peduli dengan lingkungan. /Pikiran Rakyat/Novianti Nurulliah.

BANDUNGMU.COM – Peringati Hari Sungai Nasional 2021, Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWS Citarum) meminta masyarakat yang ada di daerah aliran sungai Citarum tetap peduli akan kelestarian sungai sepanjang 297 kilometer itu.

Tugas pemeliharaan sungai bukan hanya BBWS semata, melainkan masyarakat dan elemen lainnya. Kepala BBWS Citarum Anang Muchlis mengatakan, pada momentum Hari Sungai Nasional tahun 2021, situasi masih memprihatinkan. Pihaknya tetap berharap masyarakat peduli terhadap sungai-sungai yang ada di sekitar mereka.

“Kita semua tahu bahwa sungai-sungai kita yang melewati kota-kota besar ini cukup memprihatinkan. Kita mengajak masyarakat supaya sadar untuk memelihara sungai,” ucap Anang, seperti dikutip dari Pikiran Rakyat online, Rabu (28/07/2021).

Diakui dia, saat ini masih banyak hunian-hunian liar yang ada di daerah aliran sungai. Pihaknya bekerjasama dalam kegiatan Citarum Harum dengan Kodam III Siliwangi untuk menangani persoalan tersebut.

“Beberapa kali kemarin, sebelum wabah Covid meningkat tajam, kita sempat melaksanakan beberapa eksekusi lahan-lahan penertiban di sepanjang sungai. Kita juga mengerti bahwa jika kita melakukan hal seperti itu di saat ini rasanya kurang pas. Karena masyarakat juga sedang susah, maka kita tak bisa melakukan itu,” ucap Anang.

 

Selebihnya, dalam rangka memperingati Hari Sungai Nasional, BBWS CItarum menyalurkan sembako bagi pegawai harian lepas di lingkungan kantor BBWS dan juga masyarakat kurang mampu di sekitar kantor BBWS di Jalan Inspeksi Cidurian, Kota Bandung.

Selain itu, BBWS Citarum pun mengkordinir vaksinasi dosis pertama bagi 2.300 orang yang terdiri dari pegawai dan masyarakat di Pusat Jalan dan Jembatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di Jalan Cisaranten, Kota Bandung.

Untuk pembagian sembako, sebanyak 290 paket yang terdiri dari beras, minyak goreng, gula, mi instan, dan lainnya dibagikan secara merata.

Diakui Anang, pada gelaran Hari Sungai Nasional tahun ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya karena mereka tidak menggelar kegiatan yang melibatkan masyarakat banyak.

“Hari Sungai Nasional yang jatuh pada tanggal 27 Juli 2021 bersamaan dengan pandemi Covid-19. Biasanya kita memang melakukan kegiatan-kegiatan dalam rangka mengajak partisipasi masyarakat supaya peduli dengan sungai-sungai yang ada. Namun karena kondisi pandemi, kita melakukan pembatasan-pembatasan, tidak mungkin melakukan kegiatan seperti sebelum-sebelumnya,” ujar dia.

Namun dalam rangka Hari Sungai, pihaknya mengajak pegawai yang ada di lingkungan BBWS Citarum untuk memberikan bantuan kepada masyarakat.

“Kita semua tahu dampak dari pandemi Covid-19 ini sangat merugikan masyarakat. Banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan dan mata pencaharian. Alhamdulillah dari pegawai yang berada di lingkungan BBWS Citarum terkumpul sejumlah bantuan dan itu kita bagikan yang pertama kepada pegawai yang berada di BBWS Citarum (pegawai golongan I dan II), office boy, dan satpam. Juga dilakukan pembagian kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan,” tutur Anang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *