Inilah 4 Tempat Wisata Edukatif di Bandung Barat yang Wajib Dikunjungi

oleh -
Foto by instagram.com/geta_gretarominamaria/

BANDUNGMU.COM — Tempat wisata di Bandung Barat ternyata merupakan gudangnya wisata edukasi untuk segala jenis usia, khusunya kepada anak-anak. Wisata tidak melulu soal foto-foto, makan, ataupun berbelanja. Terbukti dengan hadirnya objek wisata edukasi yang tidak hanya menawarkan hal menarik, tetapi juga mendidik dan terasa menyenangkan.

Bagi anak-anak akan sangat menyenangkan jika bisa berlibur sekaligus belajar dari wisata edukasi yang disediakan. Penasaran? Merangkum Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bandung Barat, berikut 4 tempat wisata di Bandung Barat yang menyediakan wisata edukasi bagi anak-anak.

Puspa Iptek Sundial

Puspa Iptek Sundial merupakan wisata edukasi yang terletak di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Tempat wisata ini memiliki bangunan unik berbentuk, sekaligus berfungsi sebagai jam matahari.

Puspa Iptek merupakan sebuah singkatan dari Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, sementara kata Sundial sendiri memiliki arti matahari.

Diresmikan bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional pada 2007 lalu, salah satu tempat wisata di Bandung Barat ini memiliki lebih dari 180 alat peraga sains yang bisa dicoba oleh pengunjung.

Kamu bisa mencoba alat-alat peraga sains seperti sumur gravitasi, air menari, sepeda gunung, dan lain-lain. Puspa Iptek Sundial ini buka setiap hari mulai pukul 08.30 – 17.00 dengan harga tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang .

Jendela Alam

Jendela alam adalah wisata edukasi untuk anak yang merupakan sebuah sarana belajar dan juga rekreasi keluarga. Disini, para pengunjung akan mampu untuk mengenal berbagai jenis tanaman, melakukan kegiatan di dalam air, berkebun, mengikuti berbagai workshop tentang segala sesuatu yang hadir di alam, berolahraga sederhana, serta melakukan kegiatan kesenian.

Jika berwisata ke Jendela Alam, pengunjung akan dibagi menjadi 4 kelompok besar dan akan melakukan berbagai kegiatan untuk menngenal alam seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya.

Wisata edukasi ini menetapkan harga tiket masuk yang terjangkau yakni sebesar Rp 15.000 per orang saat weekday dan Rp 20.000 per orang saat weekend. Jendela alam berlokasi di Kompleks Graha Puspa, Parongpong, Bandung Barat.

Bird & Bromelia Pavilion

Bird and Bromelia Pavilion adalah wisata taman burung untuk mengenal berbagai jenis burung seperti ayam kalkun, angsa, dan juga burung merak.

Ketika berkunjung, wisatawan dikenalkan dengan para burung melalui lima zona yakni zona burung parkit, zona burung nuri, zona burung kicau, zona burung darat, dan unggas air. Selain hewan, Bird and Bromelia Pavilion ini juga menyajikan taman-taman cantik dengan berbagai jenis tanaman.

Selain melihat dan mengenal burung dan tanaman, di sini pengunjung juga dapat bersantai dengan menikmati makanan dan minuman di restoran Buuffy dan Coffe Corner.

Tahu Susu Lembang

Terkenal akan produk tahu susu Lembang dan berbagai macam olahan tahu dan makanan lain yang biasa dijadikan oleh-oleh, ternyata Tahu Susu Lembang ini juga menyediakan sarana edukasi pembuatan tahu. Tidak hanya itu, di sini tersedia juga wisata edukasi burung buyuh yang mengajarkan cara merawat dan beternak purung puyung.

Wisata edukasi ini menghasilkan produk-produk yang biasa dijual, seperti tahu susu dan telur puyuh. Jika berkunjung ke sini, selain bisa membeli oleh-oleh, wisatawan juga bisa sekaligus belajar. Menyenangkan sekali ya!

Nah, bagaimana? Tertarik membawa rombongan keluarga untuk berlibur sekaligus belajar keempat tempat wisata di Bandung Barat yang telah dibahas?

Sumber: Kumparan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *