Jaga Kelestarian Alam, “Patriot Desa” Karawang Tanam Ribuan Pohon

oleh -
Penyerahan pohon sebelum ditanam. (Foto: dokumentasi Patriot Desa).

BANDUNGMU.COM – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, Patriot Desa Kabupaten Karawang bekerja sama dengan Balai Persemaian Permanen Purwakarta menyelenggarakan aksi penanaman pohon secara serentak.

Penanaman pohon berlangsung 11 hingga 21 Agustus 2021. Ada sekitar 28 ribu pohon terdiri atas tanaman keras dan buah-buahan yang ditanam di 21 desa tempat tugas Patriot Desa di Kabupaten Karawang.

Desa-desa tersebut antara lain 6 desa di Kecamatan Banyusari yaitu Desa Tanjung, Kertaraharja, Talunjaya, Banyuasih, Mekarasih, dan Pamekaran; 3 desa di Kecamatan Cibuaya, yaitu Desa Kedungjeruk, Gebangjaya, dan Cemarajaya; 2 desa di Kecamatan Cilamaya Wetan, yaitu Desa Muara dan Muara Baru; 2 desa di Kecamatan Cilebar yaitu Desa Mekarpohaci dan Pusakajaya Utara; 2 desa di Kecamatan Pedes yaitu Desa Dongkal dan Malangsari.

Kemudian masing-masing 1 desa di Kecamatan Jayakerta (Desa Medangasem), Kecamatan Purwasari (Desa Darawolong), Kecamatan Jatisari (Desa Mekarsari), Kecamatan Klari (Desa Cibalongsari), Kecamatan Telukjambe Barat (Desa Karangmulya), serta Kecamatan Majalaya (Desa Sarijaya).

Penanaman 1.000 pohon di setiap desa disambut baik oleh pemerintah desa, masyarakat, ataupun Karang Taruna setempat.

Seperti Karang Taruna di Desa Talunjaya yang menjadi lokasi penempatan Patriot Desa. Mereka sangat menyambut baik adanya aksi penanaman 1.000 pohon ini sehingga dalam pelaksanaan penanaman pun dilakukan di setiap dusun yang terdiri atas tiga dusun, yaitu Dusun Genteng, Dusun Kiara, dan Dusun Talun Asman.

“Alhamdulillah, terima kasih atas bantuan program penanaman 1.000 pohon, Karang Taruna bersama patriot desa sudah melaksanakan penanaman pohon di Dusun Genteng, Desa Talunjaya. Sangat bermanfaat untuk penghijauan di Desa Talunjaya khususnya di Dusun Genteng. Hatur nuhun,” ujar Kang Sugita, salah satu anggota Karang Taruna Dusun Genteng, Desa Talunjaya, yang juga salah satu penggerak lokal desa.

Bentuk kepedulian

Aksi penanaman pohon di banyak desa ini merupakan bentuk kepedulian Patriot Desa dalam upaya menjaga kelestarian alam dan lingkungan desa. Patriot Desa merupakan program unggulan Pemerintah Provinsi Jawa Barat di bawah koordinasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Dibandingkan dengan program-program pemerintah lainnya, Patriot Desa menggunakan pendekatan berbeda, yaitu menempatkan manusia sebagai titik sentuh utama program. Patriot Desa hadir di desa-desa se-Jawa Barat yang berfungsi sebagai integrator, komunikator, dan akselerator untuk menumbuhkan patriot desa sejati dari warga desa sebagai “local champion”.

Terhitung sejak Januari 2021, ada sekitar 28 Patriot Desa bertugas mendampingi masyarakat di 28 desa se-Kabupaten Karawang.

Tidak hanya bergerak di sektor lingkungan, Patriot Desa juga bermitra dengan para penggerak lokal di desa-desa untuk mengembangkan sektor ekonomi di desa, seperti pendampingan BUMDes, Desa Wisata, dan UMKM.

Mayoritas kegiatan pemberdayaan di sektor sosial yang mencakup pendidikan dan kesehatan, antara lain giat literasi dan Taman Baca Masyarakat, pemberdayaan kaum muda (Karang Taruna) dan Kelompok Swadaya, Sanitasi Terpadu Berbasis Masyarakat, serta pendampingan Kelompok Wanita Tani. (Kamil Nuryadin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *