Jarang Diketahui, Inilah Segudang Manfaat Kelengkeng bagi Kesehatan

oleh -
Pixabay/Suanpa

BANDUNGMU.COM – Kelengkeng merupakan buah tropis yang enak dan banyak ditemukan di daerah Asia. Kelengkeng memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, antivirus dan antibakteri yang berkontribusi pada banyak manfaat kesehatan dari buah lengkeng.

Buahnya terasa agak manis dan berair dan memiliki kesamaan dengan buah leci. Buah kelengkeng memiliki rasa manis yang lebih kering dan rasa musky, sedangkan leci lebih berair, beraroma, dan memiliki rasa manis yang sedikit lebih asam.

Selain memiliki rasa yang unik, kelengkeng juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

Meningkatkan kekebalan

Buah kelengkeng merupakan sumber vitamin C yang baik, antioksidan yang larut dalam air yang berperan besar dalam memperkuat kekebalan dan menangkal penyakit. Vitamin C memiliki kemampuan ampuh untuk membantu melindungi tubuh dari efek berbahaya radikal bebas.

Melindungi dari penyakit kronis

Buah kelengkeng memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh Anda yang merusak sel-sel tubuh dan berujung pada penyakit kronis. Mengkonsumsi buah lengkeng dapat membantu mencegah kerusakan sel dan menurunkan risiko penyakit kronis.

Meningkatkan pencernaan

Buah lengkeng segar dan kering memiliki serat. Serat membantu kotoran dalam jumlah besar dan membantu pergerakan usus yang benar. Ini juga membantu meningkatkan bakteri usus sehingga menjaga sistem pencernaan Anda tetap sehat. Konsumsi serat juga mencegah masalah pencernaan lainnya, seperti sembelit, diare, sakit perut, kembung, dan kram.

Mengobati insomnia

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, buah lengkeng telah digunakan untuk mengobati insomnia.
Sebuah studi pada 2014 yang diterbitkan dalam Current Neuropharmacology menunjukkan bahwa buah lengkeng dapat meningkatkan kecepatan tidur dan durasi tidur apabila digunakan dalam kombinasi dengan turunan hipnotik.

Meningkatkan fungsi memori

Buah kelengkeng dapat membantu mendukung fungsi kognitif dan daya ingat. Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa buah lengkeng dapat meningkatkan pembelajaran dan memori dengan meningkatkan tingkat kelangsungan hidup neuron yang belum matang.

Meningkatkan fungsi memori Buah kelengkeng dapat membantu mendukung fungsi kognitif dan daya ingat. Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa buah lengkeng dapat meningkatkan pembelajaran dan memori dengan meningkatkan tingkat kelangsungan hidup neuron yang belum matang.

Mengatur tekanan darah

Adanya potasium pada buah lengkeng dapat membantu mengatur tekanan darah. Kalium bekerja dengan meredakan ketegangan di dinding pembuluh darah, yang selanjutnya membantu menurunkan tekanan darah.

Mencegah anemia

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, ekstrak lengkeng digunakan untuk menyembuhkan anemia karena kandungan zat besi di dalamnya. Karena buah lengkeng memiliki sejumlah kecil zat besi, buah ini dapat membantu merangsang produksi sel darah merah dan meningkatkan sirkulasi darah.

Meningkatkan kesehatan kulit

Buah kelengkeng kaya akan antioksidan yang membantu memberikan kulit bercahaya awet muda. Ini mengandung vitamin C dalam jumlah yang baik, yang efektif dalam mengurangi kerusakan oksidatif pada kulit dan mendorong pembentukan kolagen.

Itulah beberapa manfaat kelengkeng untuk kesehatan.***(Firda Rachmawati/Inilahkoran.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *