Karedok Leunca Bu Imas, Kuliner Khas Sunda yang Bikin Keringatan Nikmat!

oleh -

BANDUNGMU.COM – Di Bandung ada banyak restoran masakan sunda yang menyajikan menu sambal. Satu di antaranya karedok leunca Bu Imas. Karedok leunca Bu Imas adalah sambal andalah restoran Ibu Imas. Selain tentu saja menu-mennu lainnya seperti ayam bakar dan belut.

Ada juga gepuk, udang goreng tepung, empal, usus, paru, dan lain-lain. Selain itu minumannya juga banyak ragamnya, seperti jus jeruk, soda susu, dan lain-lain.

Warung Nasi Ibu Imas berada di Jalan Balonggede. Bangunannya tidak satu, tapi ada beberapa di sepanjang tersebut. Saat masuk ke warung, pengunjung bisa memilih tempat di bangku panjang yang memutari meja yang telah disediakan.

Di atas meja yang terdapat berbagai macam lauk matang yang siap disantap, berbagai lalapan, sambal, dan tentu saja karedok leunca Bu Imas.

Baca Juga:  Nama-Nama Sungai di Kota Bandung: 1. Sungai Cikapundung

Bila kehabisan tempat di laintai bawah, pengunjung bisa naik ke lantai dua atau bahkan ke lantai tiga. Warung Nasi Ibu Imas yang terus berkembang dan terkenal membuka cabang yang masih berdekatan.

Di Balonggede ada tiga warung. Dua di antaranya saling bersebarangan. Satu warung lagi yang di Jalan Pungkur. Untuk ke Warung Nasi Ibu Imas di Jalan Balonggede tidak lah sulit. Dari Alun-alun Bandung tinggal masuk ke Jalan Balonggede di samping bangunan Bioskop Dian. Ikuti jalan tersebut hingga terlihat bangunan Warung Nasi Ibu Imas.

Bisa juga dari Jalan Dewi Sartika, tinggal belok kanan ke Jalan Kautamaan Istri. Jalan ini tembusnya ke Jalan Balonggede. Kemudia belok kanan. Dari sana warung yang dimaksud tinggal beberapa meter lagi.

Baca Juga:  Resep Lezat Kue Dadar Gulung, Camilan Khas Indonesia Disukai Muda dan Manula

Berada di kawasan tak jauh ITC Kebonkelapa, warung ini tampak lain daripada yang lain. Warna hijau mendominasi bagian depan warung ini. Kemudian tulisan Warung Makan Ibu Imas berwarna hijau scotlite jadi pembeda dengan bangunan di sekitarnya.

Belum lagi sebuah spanduk yang bertuliskan sama menggantung di depan warung yang terdiri dari dua lantai tersebut. Pengunjung biasanya lebih memilih tempat di lantai satu ketimbang di lantai dua. Namun jika kebetulan tengah penuh, pengunjung terpaksa memilih di lantai dua.

Alamat Karedok Leunca Bu Imas

1. Jalan Balonggede No. 93
2. Jalan Balonggede No.38
3. Jalan Balonggede No.67
4. Jalan Pungkur 81

Resep Karedok Leunca Ibu Imas Khas Sunda:

BAHAN-BAHAN:

1. 150 gram leunca/ranti/lumai atau lumay, siangi dan cuci bersih

Baca Juga:  Destinasi Wisata di Empat Kabupaten Sudah Dibuka

2. Daun kemangi secukupnya sesuai selera, siangi dan cuci bersih

BUMBU:

– 5 buah cabe rawit merah, atau sesuai selera
– 1 cm kencur atau cikur dalam bahasa Sunda
– 1/2 siung bawang putih
– 1 sdt terasi bakar/matang
– 1/2 sedt irisan gula merah, atau secukupnya sesuai selera
– 1/4 sdt asam jawa
– 1/4 sdt garam, atau secukupnya sesuai selera

Cara Membuat Karedok Leunca Bu Imas:

Siapkan cobek dan ulekan, masukan kencur, cabe rawit, bawang putih, terasi, gula merah, asam dan garam. Ulek semua bumbu hingga halus. Cicip. Masukan Leunca/ranti, ulek kasar. Tambahkan daun kemangi, aduk hingga rata.

Sajikan dengan nasi putih hangat, sambal terasi pedas, lauk ayam bakar, lalapan dan pete/petai bakar opsional.

No More Posts Available.

No more pages to load.