Mang Oded Ingin Imam Muda Pimpin Masjid di Kota Bandung

oleh -
Foto: Humas Kota Bandung

BANDUNGMU.COM – Wali Kota Bandung Oded M. Danial berharap gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-47 tingkat Kota Bandung Tahun 2021 menjadi sarana untuk memupuk generasi muda yang cinta terhadap Alquran.

Wali kota yang akrab disapa Mang Oded ini memiliki harapan besar, seluruh masjid di Kota Bandung bisa dipimpinan oleh para imam muda. Imam muda yang berbekal kemampuan dan kapasitas wawasan yang luas setelah ditempa lewat perhelatan MTQ.

“Hampir ribuan masjid di Kota Bandung bisa diimami oleh imam muda para penghafal Alquran. Bukan sekadar hafal, tapi fasih dan memahami kandungan Alquran,” kata wali kota usai membuka MTQ ke-47 tingkat Kota Bandung di Masjid Al-Ukhuwwah, Sabtu (18/09/2021), dikutip dari Humas.bandung.go.id.

Wali kota ingin penyelenggaraan MTQ bukan hanya sebatas ajang unjuk kemampuan demi menjaga gengsi antarwilayah peserta, melainkan sebagai program pembinaan jangka panjang yang masif dan konsisten.

Keberhasilan kafilah menjadi juara di MTQ tingkat provinsi atau bahkan di level nasional hanya sebagai bonus atas kerja kerasnya.

Misi besarnya tetaplah dalam rangka menopang pembangunan sumber daya manusia yang unggul dengan berpegang teguh pada nilai ajaran agama.

“Alhamdulillah Kota Bandung satu di antara kota kabupaten di Jawa Barat yang memiliki kesungguhan dalam pembangunn sumber daya manusia yang cinta Alquran. Alhamdulillah delapan kali berturut turut kita menjadi juara MTQ di Jawa Barat,” ujarnya.

Wali kota pun meminta agar setiap pelaksanaan MTQ tidak terkesan eksklusif. Penyelenggaraannya harus tersosialisasikan secara meluas sebagai gerbang untuk menarik perhatian masyarakat terhadap kajian Alquran.

“Oleh karena itu, akses untuk mengikuti MTQ harus dibuka seluas-luasnya kepada mayarakat, baik sebagai peserta maupun sekedar menonton. Sebab dari sinilah tumbuh keinginan untuk mempelajari Alquran, mengamalkannya, dan mentabligkannya,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut wali kota secara simbolis menyampaikan kadeudeuh bagi para kafilah yang mengikuti Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH) XVII/2021 Jawa Barat.

Kalifah yang berhasil menjadi juara pertama mendapat uang pembinaan Rp40 juta, peringkat kedua Rp30 juta, dan peringkat ketiga Rp20 juta. Adapun seluruh kontingen mendapatkan masing-masing Rp5 juta.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ), Ema Sumarna mengatakan, dalam gelaran MTQ ke-47 ini diikuti oleh 857 orang peserta. Ajang ini memperlombakan sebanyak 25 kategori dan akan berlangsung selama enam hari, yakni 18-23 September 2021.

“Tempat pelaksanaan MTQ tahuun 2021 ini kita menggunakan beberapa lokasi, yaitu di Masjid Al-Ukhuwwah, di SMKN 1 Bandung, di Aula KPKB, Masjid Attaqwa Kebon Sirih, dan Aula Kelurahan Babakan Ciamis,” katanya.

Ema menuturkan, gelaran MTQ ke-47 ini salah satunya menjadi ajang penjaringan kafilah yang akan dikirim untuk mewakili Kota Bandung dalam perhelatan MTQ ke-37 tingkat Jawa Barat pada 2022 mendatang.

“MTQ tingkat KOta Bandung ini sekaligus untuk mencari para kafilah terbaik yang insyaallah akan mengikuti MTQ tingkat Jawa Barat di Sumedang tahun 2022 nanti,” katanya. (Humas Kota Bandung).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *