Mau Rekreasi Seni dan Budaya? Datang Saja ke Jelekong, Kampung Seniman di Bandung Selatan

oleh -
Salah seorang seniman sedang menyelesaikan lukisan karyanya (Foto: Kompasiana)

BANDUNGMU.COM – Kalau di Bali ada Ubud sebagai sentra lukisan dan seniman yang menghasilkan karya-karya yang epik. Bandung juga ada Kampung Jelekong sebagai kampung seni sekaligus penghasil lukisan terbesar di Bandung. Bahkan, Kampung Jelekong merupakan pusat makanan Sunda, sentra pembuatan wayang golek, dan banyak dalang yang berasal dari kelurahan ini.

Kampung Jelekong masih terbilang asri karena dikelilingi persawahan dan bukit hijau. Kalau Anda datang ke sana, dijamin akan betah berlama-lama di kampung yang banyak melahirkan seniman Sunda ini.

Desa wisata jelekong, mendapatkan keahlian melukis turun-temurun dari seniman lukis, Odin Rohidin. Dari beliau, terbentuklah kampung lukis di Kampung Jelekong ini.

Saat ini, hampir sekitar dua ratus kepala keluarga di Jelekong yang bisa hidup berkecukupan dengan produksi lukisan-lukisan itu. Harga lukisan dari Jelekong kebanyakan cukup murah, tetapi kualitasnya enggak kalah dengan lukisan mahal.

Lukisan yang diajajakan di Jalan Braga, kebanyakan berasal dari Kampung Jelekong loh. Anda pasti tahu Ki Dalang Asep Sunandar Sunarya, nah beliau juga berasal dari Kampung Jelekong, tepatnya di Giriharja.  Namun, yang sangat menonjol di Kampung Jelekong adalah seni lukisnya. Sepanjang jalan utama Jelekong, Anda bakal meliat ratusan kanvas di kanan dan di kiri jalan.

Ada sekitar dua puluh galeri di sepanjang jalan ini. Ada sekitar enam ratus pelukis yang menghasilkan karyanya di Jelekong. Namun, setiap pelukis punya ciri khas masing-masing dalam setiap karyanya.

Harganya? Terjangkau, satu lukisan di atas kanvas 135cm cm x 40cm dihargai mulai dari Rp150.000,00. Harga lukisan sangat bergantung pada tingkat kesulitan dan cat yang dipakai. Bahkan di sini juga dijual lukisan seharga puluhan juta rupiah.

Bicara masalah Giriharja yang termasuk ke Kampung Jelekong kampung ini didirikan oleh Dalang Abah Sunarya (alm) pada 1920-an. Tujuannya untuk mengembangkan seni pertunjukan wayang golek sebagai paradigma kebudayaan Sunda.

Di dalam media, keluarga seni Giriharja dianggap sebagai  ”Dinasti Sunarya”. Sampai sekarang, di Giriharja sudah ada empat generasi seniman, dalang, dan nayaga. Di antaranya ada tokoh budaya yang terkenal dan terpopuler, seperti Ki Dalang H. Asep Sunandar Sunarya dan Ki Dalang H. Ade Kosasih Sunarya.

Jadi, kalau main ke Kampung Jelekong, kamu bisa menikmati dua wisata seni sekaligus. Yuk langsung datang ke Kampung Seni & Budaya Jelekong Kelurahan Jelekong, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung.

Diolah dari www.infobdg.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *