Tanpa Castillion, Persib Tetap Targetkan Juara di Turnamen Piala Wali Kota Solo

oleh -
Aksi Geoffrey Castillion di laga lawan Melaka United. Castillion tak dibawa Persib Bandung ke Piala Wali Kota Solo. (Foto: Deni Denaswara).

BANDUNG – Persib Bandung akhirnya memutuskan untuk ikut dalam turnamen Piala Wali Kota Solo, yang rencananya akan digelar pada 20-26 Juni 2021. Pada turnamen yang bakal digelar di Stadion Manahan, Solo itu, sebanyak delapan tim dari Liga 1 dan Liga 2 akan ikut berpartisipasi.

Selain Persib, ada nama Bali United, Bhayangkara FC, Arema FC, Rans Cilegon FC, Dewa United, PSG Pati, dan tuan rumah Persis Solo. Turnamen rencananya akan menggunakan sistem gugur.

Pelatih Persib, Robert Alberts, mengungkapkan alasan yang membuat timnya ikut pada turnamen kali ini. Sebelumnya, pelatih asal Belanda itu sempat ragu untuk ikut Piala Wali Kota Solo ini lantaran belum adanya kejelasan dari pihak penyelenggara.

“Ya sudah ada undangan resminya, kemarin kami menerimanya dan kami bersedia untuk mengikuti itu. Karena kini sudah ada format yang serius, tim yang terlibat juga bagus,” ujar Robert dalam wawancara melalui aplikasi Zoom setelah memimpin latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Selasa (8/6), seperti dikutip dari Tribun Jabar.

Robert mengatakan, di turnamen nanti kekuatan tim yang bertanding relatif seimbang. Kendati beberapa peserta berasal dari Liga 2, dia menilai persiapan  yang dilakukan oleh semua tim bisa dikatakan sama.

“Semuanya masih dalam kondisi yang sama, tidak ada tim yang unggul dalam persiapan, jadi ini turnamen yang penting,” ucapnya.

Robert mengatakan, waktu pelaksanaan turnamen Piala Wali Kota Solo tepat dengan program latihan persiapan Maung Bandung menuju Liga 1. Sehingga dengan mengikuti turnamen ini, Persib bisa dikatakan cukup terbantu untuk membentuk kekuatan sebelum turun di kompetisi sesungguhnya.

“Turnamen ini juga berakhir sekitar 10-14 hari sebelum liga dimulai, jika jadi digelar pada 10 (Juli). Jadi waktunya juga tepat,” katanya.

Geoffrey Castillion Tak Ikut

Terkait bomber andalan Persib, Geoffrey Castillion, Robert mengatakan kedatangannya ke Indonesia kemungkinan akan kembali tertunda karena masih ada masalah di Imigrasi.

Sedianya, Geoffrey akan tiba pada pekan depan. Namun, kantor Imigrasi yang menangani keberangkatan Geoffrey dari Belanda ke Indonesia mengalami masalah sehingga dokumen yang dibutuhkan belum dapat diproses.

“Geoffrey semuanya sudah siap, tapi kemarin dan Jumat ada sistem yang error di kantor imigrasi. Jadi Geoffrey tidak bisa memasukan data, sehingga dokumennya tidak keluar,” ujar Robert.

Robert mengaku tak bisa berbuat banyak karena masalah yang terjadi bukan dari pihak Persib maupun Geoffrey. Dia hanya bisa berharap, masalah Geoffrey bisa segera selesai dan kembali secepatnya ke Indonesia untuk memulai persiapan menuju Liga 1.

“Itu informasi yang saya punya, Geoffrey sendiri dia sudah siap untuk melakukan perjalanan ke Indonesia,” ucapnya.

Dengan kondisi ini, Geoffrey terancam absen di turnamen Piala Wali Kota Solo. Sebab setibanya di Indonesia, pemilik nomor punggung 20 itu harus melakukan isolasi mandiri selama kurang lebih lima hari sebelum bergabung dengan tim.

Pelatih fisik Persib, Yaya Sunarya, mengaku belum mengetahui kondisi mantan pemain Ajax Amsterdam tersebut. Yaya mengungkapkan, perlu adanya pemeriksaan secara langsung sebelum menilai kondisi sesungguhnya dari Geoffrey.

“Biasanya kita akan melakukan check up dulu, observasi,” ujar Yaya dalam wawancara melalui Zoom.

Namun, secara kondisi fisik, Geoffrey seharusnya tidak mengalami masalah lantaran selama libur kompetisi, dia sedang dipinjamkan ke klub divisi tiga Liga Italia, Como 1907.

“Karena itu, kita tunggu di sini dulu, kita akan bicara, baru kita lakukan adaptasi, dan ini tergantung percakapan dengan pemain,” katanya.

Gembira

Penjaga gawang Persib, Dhika Bayangkara mengaku senang dengan adanya turnamen Piala Wali Kota Solo. Dhika berharap, ajang ini bisa membuat timnya semakin matang dalam persiapan menuju Liga 1.

“Kalau ada turnamen lalu diberikan kesempatan pasti sangat senang mudah-mudahan bisa menampilkan yang terbaik bisa memberikan juara,” katanya.

Kegembiraan juga diungkapkan Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono. Ia mengaku sangat mendukung langkah Robert untuk ikut berpartisipasi di Piala Wali Kota Solo.  Teddy menuturkan, manajemen menyerahkan sepenuhnya ke tim pelatih jika memang membutuhkan turnamen sebagai bagian persiapan menuju Liga 1.

“Iya event tersebut sebagai ajang pre-season untuk persiapan liga. Karena ini untuk pre-season sebagai persiapan Liga 1,” ujar Teddy kepada Tribun Jabar melalui aplikasi WhatsApp, kemarin.

Selain untuk mematangkan persiapan menuju kompetisi, keikutsertaan Persib di ajang ini dibarengi oleh harapan tinggi dari manajemen. Teddy berharap, manajemen ingin Nick Kuipers dan kawan-kawan meraih sukses di turnamen nanti.

“Target kami ikut turnamen Piala Wali Kota Solo untuk bermain sebaik-baiknya. Target juara, tentu saja ada,” katanya.

Persib, kata Teddy, kemungkinan besar akan menginap di sekitar kota Solo untuk bertanding maupun melakukan persiapan. Termasuk beristirahat sebelum kembali bertanding maupun berlatih.

Berbicara soal biaya menginap maupun akomodasi lainnya, Teddy belum bisa berbicara banyak. Sebab pihaknya belum mendapat detail teknis dari panitia penyelenggara.

“Belum tahu, karena details regulasinya belum ada,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *