UMBandung
Life Style

Tips Hidup Hemat Ala Anak Kos

×

Tips Hidup Hemat Ala Anak Kos

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi (Istockphoto)

BANDUNGMU.COM, Bandung — Hidup sederhana ala anak kos bisa menjadi bahan pertimbangan bagi siapa pun agar bisa menghemat uang. Berikut ini adalah beberapa tips hemat ala anak kos yang bisa membantu mengelola keuangan dengan lebih efisien.

Buat rencana anggaran

Buatlah anggaran bulanan yang rinci untuk mengatur pengeluaran. Pisahkan antara kebutuhan utama seperti sewa tempat tinggal, listrik, dan air dengan keinginan yang lebih tidak penting seperti hiburan dan makan di luar.

Masak sendiri

Memasak makanan sendiri di rumah jauh lebih murah daripada membeli makanan di luar. Buatlah menu sederhana namun sehat, dan belilah bahan makanan dalam jumlah besar untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Baca Juga:  Membersamai Anak Tanpa Amarah

Cari promo dan diskon

Manfaatkan promo, diskon, dan kode kupon saat berbelanja kebutuhan sehari-hari. Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi belanja online yang sering menawarkan diskon khusus bagi pelanggan.

Naik transportasi umum

Gunakan transportasi umum atau berbagi kendaraan dengan teman jika memungkinkan. Ini akan membantu menghemat uang yang biasanya digunakan untuk bahan bakar, parkir, dan perawatan kendaraan.

Pilih kosan murah

Pilihlah tempat tinggal yang sesuai dengan anggaran bulanan Anda. Cari kos atau kontrakan yang memiliki harga sewa terjangkau, namun tetap nyaman dan aman. Murah bukan berarti kumuh dan tidak nyaman. Banyak kok kosan yang murah dengan lokasi yang sangat bagus.

Pisahkan pengeluaran bersama

Jika Anda tinggal bersama teman atau rekan kos, aturlah pembagian biaya dengan jelas. Misalnya, bagi biaya sewa, listrik, air, dan internet agar setiap orang tahu tanggung jawab masing-masing. Tinggal bersama-sama, biaya pun harus ditanggung bersama-sama juga.

Baca Juga:  Catat! Inilah 7 Buah Terlarang untuk Disimpan di Kulkas

Gunakan barang bekas

Untuk perabotan atau barang-barang lainnya, pertimbangkan untuk menggunakan barang bekas atau second-hand yang lebih terjangkau daripada membeli barang baru. Misalnya beli peralatan, kendaraan, alat elektronik, bahkan pakaian juga bisa pakai yang bekas tetapi berkualitas.

Hemat energi dan air

Matikan lampu dan perangkat elektronik saat tidak digunakan, serta gunakan air dengan bijak untuk mandi, mencuci piring, dan mencuci pakaian. Jangan pernah boros dengan air karena bisa berbahaya kalau tidak ada air di kontrakan kita.

Baca Juga:  Bolehkah Bayar Zakat Secara Digital? Ini Ketentuan dan Penjelasannya

Berbagi dan tukar-menukar

Jika memungkinkan, berbagi keperluan seperti bumbu dapur atau peralatan masak dengan teman sekos. Anda juga bisa melakukan tukar-menukar barang yang tidak terpakai dengan teman lain. Usaha saling menguntungkan ini adalah langkah yang cukup unik dan efektif.

Tabung uang receh

Simpan uang receh dan koin ke dalam tabungan terpisah. Uang receh yang terkumpul bisa menjadi tambahan dana darurat atau digunakan untuk keperluan mendesak. Receh juga kalau ditabung lama-lama akan banyak juga.

Dengan menerapkan tips-tips hemat tersebut, Anda bisa mengelola keuangan dengan lebih efisien dan memiliki lebih banyak uang untuk ditabung atau digunakan untuk hal-hal yang lebih penting. Selamat mencoba.***

PMB UM Bandung