Inilah 4 Mi Kocok Bandung yang Wajib Dicoba, Enaknya Enggak Tahan!

oleh -
Foto: Humas Kota Bandung

BANDUNGMU.COM – Pada 25 September, Kota Bandung berusia 211 tahun. Dengan usia yang cukup tua, Kota Bandung telah cukup terkenal di pelosok nusantara bahkan dunia.

Karena Kota Bandung dikenal sebagai kota kreatif, kota wisata, dan kota surga kuliner. Hal itu juga yang telah membawa Kota Bandung dalam 10 kota terbaik di dunia versi TasteAtlas Awards 2020 untuk urusan makanan tradisional.

Perlu diketahui, TasteAtlas adalah situs berbasis di Kroasia yang membuat survei tentang kota yang menyajikan makanan tradisional terbaik di dunia.

TasteAtlas berisi hampir 20.000 hidangan, minuman, dan bahan serta hampir 15.000 restoran, dikumpulkan dari seluruh dunia oleh tim yang terdiri dari 30 penulis dan peneliti.

Menurut sejumlah kritikus restoran profesional dan 63.402 suara yang masuk, Kota Bandung menduduki peringkat ke 7 di dunia untuk makanan tradisional. Dalam ajang bergengsi tersebut, Kota Bandung bersanding dengan Paris, Rome, Buenos Aires, Istanbul, Mexico City, dan Kyoto.

Adapun beberapa makanan tradisional Kota Bandung yang menjadi favorit, seperti yang dikutip dari situs tasteatlas.com, yaitu mi kocok, batagor dan kupat tahu. Kali ini, tulisan berikut akan membahas tentang mi kocok.

Mi kocok memang tak berbeda dengan mie lainnya. Namun hal yang membedakan yaitu mi kocok biasanya menggunakan kikil sapi dan tauge.

Disebut mi kocok, karena sebelum disajikan, mienya dikocok-kocok terlebih dahulu oleh si penjual di dalam panci dengan menggunakan saringan khusus.

Berikut mi kocok yang telah melegenda di Kota Bandung dikutip dari sejumlah sumber:

Mi Kocok Persib

Disebut mi kocok Persib karena lokasinya berada di depan Stadion Persib Jalan Ahmad Yani.
Mi Kocok Persib sudah ada sejak tahun 1963. Awalnya dikenal dengan Mie Kocok Riau karena terletak di dekat Jalan Riau.

Mi Kocok Dadeng

Mi Kocok‎ Mang Dadeng berada di Jalan Banteng (KH Ahmad Dahlan) No 67 letaknya beberapa meter dari RS Muhammadiyah. Mi Kocok Mang Dadeng konon menggunakan 27 macam bumbu rempah-rempah.

Mi Kocok SKM

Sedikit berbeda dari mi kocok yang lain, menggunakan campuran ebi, kunyit, serta ketumbar di dalamnya. Rasanya sendiri mirip seperti soto. Mi Kocok SKM telah berdiri sejak tahun 1970-an. Mi Kocok SKM terletak di Jalan Sunda Nomor 38, Kota Bandung.

Mie Kocok Subur

Mie Kocok Subur telah berdiri sejak 1969. Kedai mi kocok yang satu ini legendaris, rasanya tidak berubah sejak dulu. Lokasinya berada di di Jalan Suryani Dalam, Nomor 8, Muncang, Bandung Kulon.
Mi kocok di sini terkenal punya kuah yang gurih. Ada beberapa varian mi kocok. Ada yang polos, ditambah topping baso, kaki sapi, hingga campuran.

Masih banyak lokasi lainnya yang tak kalah sohor dan enak. Tentu jika disebutkan satu per satu, tak akan cukup membahasnya dalam waktu semalam.

Itulah sejumlah lokasi yang wajib dikunjungi saat berada di Kota Bandung. Selamat kulineran dan selamat mencoba.*** (Humas.bandung.go.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *