Sungai Cikahuripan yang Berjuluk ”Green Canyon” Bandung Barat

oleh -
Foto: cekpremi.com.

BANDUNGMU.COM – Sungai Cikahuripan banyak yang mengatakan sebagai sungai berjuluk ”Green Canyon” di Bandung Barat. Lingkungannya masih asri dan keindahannya tidak kalah dengan Green Canyon yang asli.

Objek wisata yang terbentuk dari aktivitas alamiah itu berada di kawasan PLTA Saguling, tepatnya Kampung Panyusupan, Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat.

Nama Cikahuripan berasal dari bahasa Sunda yang memiliki arti air yang membawa kehidupan. Konon, warga sekitar mempercayai bahwa air di Sungai Cikahuripan memiliki berbagai manfaat, terutama dalam hal pengobatan.

Seperti ada mata air yang hanya boleh digunakan oleh perempuan atau mata air yang hanya boleh digunakan oleh laki-laki.

Keindahan yang disuguhkan di Sungai Cikahuripan ini, bukan berasal dari air sungainya. Meskipun memang air di Sungai Cikahuripan masih sangat bersih dan tidak memiliki bau ataupun rasa.

Daya tarik Sungai Cikahuripan adalah bebatuan yang tersebar di sekitar sungai. Ada juga dua buah tebing yang menjulang tinggi mengapit aliran sungai, mirip seperti di Green Canyon.

Suguhan pemandangan yang memanjakan mata tak bisa dilewatkan begitu saja. Wisatawan bisa melihat dinding tebing dengan tinggi puluhan meter, tegak dan gagah melingkari aliran Sungai Cikahuripan.

Aliran sungai dari Cikahuripan tidaklah deras. Sungai purba ini pun terbilang dangkal karena hanya memiliki kedalaman kurang lebih empat meter. Hal ini yang pada akhirnya membuat Sungai Cikahuripan dimanfaatkan sebagai destinasi wisata mengenal sungai purba.

Air Sungai Cikahuripan berwarna kehijauan dan jernih. Untuk bisa menikmatinya wisatawan bisa menyewa pelampung yang disediakan pengelola. Namun tentu harus tetap berhati-hati karena di satu sisi ada aliran yang kedalamannya lebih dari lima meter.

Hanya berbekal pelampung itu saja, kamu dapat menjelajahi aliran sungai di tengah tebing-tebing dan bebatuan. Pokoknya lebih asyik dan menarik karena ditambah dengan pemandangan yang segar serta indah.

Tidak perlu cape membawa pelampung dari rumah. Di sekitar Sungai Cikahuripan pun sudah ada warga yang menyewakan pelampung (Rp15.000) agar kamu lebih gampang menikmati keindahan Sungai yang masih perawan ini.

Akses menuju Sungai Cikahuripan sama seperti jika kamu akan menuju Waduk Saguling di Rajamandala. Jalan ke sana masih berbatu sehingga kamu harus ekstras berhati-hati.

Untuk bisa mencapai Sungai Cikahuripan, wisatawan harus berjalan kaki kurang lebih sejauh 1 kilometer dari tempat parkir kendaraan. Namun rasa lelah selama perjalanan terbayar dengan hamparan sawah yang menghiasi sepanjang perjalanan menuju objek wisata tersebut.

Untuk bisa memasuki wilayah Sungai Cikahuripan, harga tiketnya adalah Rp10.000 per orang, Rp5.000 untuk parkir motor, dan Rp20.000 untuk mobil atau bus.

Jika kamu tertarik untuk menjelajah dan menikmati Green Canyon milik Bandung Barat, jangan ragu untuk datang ke sana. Namun dengan catatan harus mengetahui dahulu informasi seputar sungai ini agar ada persiapan fisik dan perbekalan. Selamat berpetualang!

Diolah dari Detik.com dan Explorebandungbarat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *