Sosbud

Unik! BMX Cub, ”Sepeda Motor” Kustom Kreasi Pemuda Bandung Barat

×

Unik! BMX Cub, ”Sepeda Motor” Kustom Kreasi Pemuda Bandung Barat

Sebarkan artikel ini
BMX Cub sepeda yang dislup menjadi sepeda motor Foto: Whisnu Pradana/detikOto.

BANDUNGMU.COM  – Sepeda motor bisa jadi satu barang yang wajib dimiliki oleh setiap orang di zaman sekarang ini. Tentu, fungsinya untuk menunjang efisiensi dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Berbagai pabrikan sepeda motor berlomba-lomba menciptakan tunggangan yang bakal menarik minat konsumen. Namun, tak jarang sepeda motor juga dibuat secara handmade dengan modifikasi sesuai dengan selera masing-masing.

Seperti ”sepeda motor” yang dimiliki dan digunakan oleh Kevin Yeremia (14), warga Kampung Baru Rende, RT 01/17, Desa Cikalong, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat.

Baca Juga:  Mengunjungi Situ Lembang Dano

Bocah kelas 2 SMP itu memiliki dan menunggangi sepeda motor kustom jenis BMX Cub berwarna biru. Sepeda motor itu kustom buatan ayahnya yang juga memiliki bengkel.

“Dibikinnya itu tahun 2020 kemarin. Awalnya untuk ibu belajar motor, tapi enggak jadi karena enggak bisa-bisa,” ungkap Kevin kepada wartawan, Selasa (1/6/2021).

Basic ”sepeda motor” itu merupakan sepeda BMX yang biasa digunakan untuk freestyle. Namun, sang empunya melakukan beberapa gubahan mendasar, seperti rangka yang dibesarkan untuk tangki bahan bakar, dudukan mesin, arm belakang yang diperbesar, lalu memasang knalpot.

Baca Juga:  Yuk Berkunjung ke Rumah Batik Komar

Mesin yang digunakan pada ”sepeda motor” itu merupakan mesin 125 cc dari motor bebek. Namun, cc motor itu diperbesar hingga menyentuh 150 cc dengan 4 kecepatan.

“Rangkaian mekaniknya itu mesin bebek (Supra). Untuk kapasitas bahan bakar 1,5 liter. Motornya semua dari bahan bekas, seperti stang sepeda karena kan di bengkel ada onderdil,” kata Kevin.

Motor itu digunakan untuk alat transportasi sehari-hari, termasuk sekolah. Namun setahun belakangan sekolah libur, akhirnya Kevin mengendarai kuda besinya untuk bermain.

“Ya dipakai untuk sekolah terus main. Jarak jauh itu dicoba ke Cipeundeuy. Untuk perjalanan pulang pergi habis seliter kurang. Sempat ada yang mau nawar Rp 2 juta. Tapi enggak dikasih,” pungkasnya.

Baca Juga:  Sejarah Hari Waisak dan Ragam Perayaannya di Dunia

Tongkrongan keren itu tentu bisa menarik minat orang untuk melihat, bahkan memilikinya. Namun jangan sangka, butuh modal besar demi membangun BMX Cub seperti yang dimiliki Kevin. Dikutip dari berbagai sumber, setidaknya butuh modal lebih dari Rp 10 juta agar ”sepeda motor” itu benar-benar selesai dan siap digunakan.’

Diolah dari Detik.com