5 Sahabat Nabi Ini Penuh Kesungguhan Mencintai Al-Quran

oleh -

BANDUNGMU.COM – Kecintaan para sahabat nabi yang tinggi terhadap Al-Quran, menyimpulkan bahwa sesiapa yang memiliki kecintaan terhadap Al-Quran maka ia juga akan mendapatkan kecintaan dari penduduk langit.

Tak hanya itu, cintanya tersebut lahirkan keimanan yang kuat dan keyakinan yang teguh. Tak heran kecintaan mereka, membuat decak kagum penduduk langit sehingga suara mereka selalu dirindukan siang dan malam.

Berikut ini, redaksi bandungmu.com himpun 5 sahabat yang cinta pada Al-Quran sungguh luar biasa. Di antaranya, mereka adalah sebagai berikut:

1. Yahya bin Watsab.

Beliau adalah orang yang bacaan ayat-ayat Al-Quran-nya paling indah. Ketika sedang membaca Al-Quran, beliau tidak melakukan satu gerakan apapun di masjid, seolah-olah di masjid itu sedang tidak ada orang, karena saking khusyuknya mendengarkan. Karena itulah al-A’masy ingin mengecup dahinya sebagai tanda penghormatan karena saking bagus bacaannya.

2. Urwah bin Zubair.

Setiap hari dan dalam shalat malamnya, beliau selalu membaca seperempat Al-Quran, dan tidak pernah meninggalkan kebiasaannya kecuali pada saat kakinya diamputasi.

3. Al-Aswad.

Beliau menghatamkan Al-Quran pada bulan Ramadhan setiap dua malam dan di luar Ramadhan setiap enam hari.

4. Abu Bakar ‘Ayyasy.

Ketika beliau menghadapi sakratul maut, saudarinya menangis. Beliau berkata, “Wahai saudariku, lihatlah ke pojok itu. Sesungguhnya saudaramu telah menghatamkan Al-Quran sebanyak 18 ribu kali di sana.”

5. Abu Ja’far al-Qori’.

Saat jenazahnya dimandikan, orang-orang melihat di antara tenggorokan dan hatinya terdapat seperti lembaran Al-Quran. Semua yang hadir menyaksikan dan mempercayai bahawa itu adalah cahaya Al-Quran.

Demikianlah. Sesungguhnya mencintai Al-Quran sejak hari ini sangatlah penting. Karena itu, mari kita teladani para sahabat nabi yang membuktikan keislamannya dengan mencintai Allah dan Rasul-Nya melalui Al-Quran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *