Masih Adakah Sawah dan Kebun di Kota Bandung?

oleh -
Warga memburu layangan di areal persawahan Jalan Gempol, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung, Minggu (14/7/2019). (Kavin Faza/ayobandung.com)

BANDUNGMU.COM – Kalau pergi ke desa, melihat sawah yang hijau atau perkebunan yang terhampar sudah biasa.

Pemandangan seperti itu sudah tidak aneh lagi. Lantas bagaimana dengan nasib sawah di kota metropolitan seperti Bandung? Masih adakah sawah dan kebun di ibukota Provinsi Jawa Barat ini?

Dikutip Bandungmu dari laman resmi Humas Kota Bandung, Kota Kembang ternyata masih memiliki lahan persawahan seluas 637 hektare. Dari luas lahan sawah di Kota Bandung, seluruhnya merupakan sawah irigasi. Pada 2017 lalu, luas panennya mencapai 1.450 hektare.

Untuk tanaman sayur terdapat produksi kubis dengan luas panen seluas 90 hektare. Petsai adalah jenis tanaman sayur terbesar kedua, yakni dengan luas panen seluas 66 hektare.

Adapun pisang merupakan jenis buah yang berproduksi tinggi di Kota Bandung selama 2017. Luas panen pisang di Kota Bandung selama 2017 seluas 3.160 hektare.

Untuk kota metropolitan seperti Kota Bandung dengan lahan pertanian dan perkebunan yang terbatas, masih bisa menghasilkan padi, sayur, dan buah sangat menggembirakan. Terlebih Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung selalu mengimbau kepada warganya untuk memanfaatkan lahan dengan menanam sayuran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *