Sosbud

Sejarah Singkat Piala Eropa dari Masa ke Masa (Part 2)

×

Sejarah Singkat Piala Eropa dari Masa ke Masa (Part 2)

Sebarkan artikel ini

BANDUNGMU.COM – Pada artikel bagian pertama, Piala Eropa ketika pertama kali diselenggarakan sampai beberapa tahun setelahnya, hanya diikuti empat tim saja. Pada artikel kali ini, kita akan melanjutkan bagaimana lintasan sejarah Piala Eropa atau Euro.

1996-2004

Euro 1996 di Inggris menjadi kompetisi Euro pertama yang diikuti oleh 16 tim. Edisi Euro kali ini mengusung tema “Football Comes Home (sepakbola kembali ke rumah) karena Inggris merupakan negara kelahiran olahraga sepakbola.

Jerman berhasil menjadi juara Euro 1996 setelah unggul 2-1 atas Republik Ceska. Di final yang diselenggarakan di Stadion Wembley, penyerang Jerman, Oliver Bierhoff, mencetak golden goal di menit ke-95, menjadikan gol tersebut menjadi golden goal pertama di turnamen besar.

Untuk pertama kalinya, Euro 2000 diselenggarakan di dua negara, yaitu Belanda dan Belgia. Juara bertahan Piala Dunia 1998, Perancis, berhasil juara di turnamen ini setelah menang dari Italia 2-1 pada babak tambahan waktu.

Baca Juga:  Stasiun Cibatu, Wisata Garut, dan Charlie Chaplin

Di final, Perancis tertinggal terlebih dahulu lewat gol Marco Delvecchio di menit ke-55, lalu dibalas lagi oleh gol Sylvain Wiltord di menit ke-93. Perancis memastikan kemenangannya setelah golden goal dari David Trezeguet di menit 103.

Kejutan besar kembali terjadi di Euro 2004, ketika timnas Yunani sukses menggondol trofi Euro setelah mengatasi perlawanan tim tuan rumah, Portugal, dengan skor 2-1 lewat gol tunggal Angelos Charisteas.

Yunani melaju ke final setelah lolos dari grup A yang berisi tim tuan rumah Portugal, Spanyol, dan Rusia. Di fase gugur, Yunani berhasil mengalahkan juara petahana, Perancis, kemudian di babak semifinal tim “negeri para Dewa” itu menang atas Republik Ceska lewat babak perpanjangan waktu.

2008-2016

Pada Euro 2008 di Austria dan Swiss, Spanyol berhasil meraih gelar kedua Euro setelah menang tipis 1-0 atas Jerman, lewat gol tunggal Fernando Torres di menit ke-33.

Baca Juga:  Meretas Kampung Tua di Bandung Utara Bernama Coblong

Tim Spanyol, yang dilatih oleh Luis Aragones pada saat itu, berhasil menduduki puncak klasemen Grup A setelah mengalahkan Rusia, Swedia, dan juara bertahan Yunani. Spanyol kemudian mengalahkan Italia dan Rusia di fase gugur, sebelum bertemu Jerman di final.

Spanyol kembali mengukir prestasi lagi di Euro 2012, yang dilaksanakan di Polandia dan Ukraina. Spanyol menang besar 4-0 atas Italia di final, lewat gol David Silva (14’), Jordi Alba (41’), Fernando Torres (84’), dan Juan Mata (88’).

Lewat permainan tiki-taka yang begitu khas, Spanyol melangkah mulus di fase grup dan sanggup mengalahkan Perancis di perempat final, lalu Portugal di semifinal, dan Italia di final.

Setelah juara Euro 2012, Spanyol menjadi negara pertama yang menjuarai turnamen internasional berturut-turut (Euro 2008, Piala Dunia 2010, dan Euro 2012).

Baca Juga:  Kisah Anak Pendiri Muhammadiyah Irfan Dahlan Mencari Ilmu di India Hingga Menetap di Thailand

Jumlah peserta turnamen Euro bertambah menjadi 24, diawali pada turnamen Euro tahun 2016 di Perancis. Pada edisi ini, salah satu negara debutan, Islandia, menggebrak dan sanggup masuk perempat final, sebelum dikalahkan tuan rumah Perancis dengan skor 5-2.

Portugal tampil menjadi yang terbaik setelah menang tipis 1-0 dari sang tuan rumah, meskipun sang bintang Cristiano Ronaldo hanya bermain sebentar di laga ini karena cedera di menit ke-25. Sepanjang sisa pertandingan, Cristiano Ronaldo memberikan banyak motivasi sehingga timnya bisa menjuarai Euro 2016, lewat gol Eder di menit ke-109.

Kemenangan ini membuat Portugal meraih gelar Euro pertama mereka sepanjang sejarah, serta gelar internasional pertama untuk Cristiano Ronaldo.

Diolah dari: bola.com, goal.com, en.wikipedia.org