UMBandung
Traveliana

Wisata ke Bandung? Jangan Lupa Sarapan Bubur Ayam Mang Haji Oyo Yang Melegenda

×

Wisata ke Bandung? Jangan Lupa Sarapan Bubur Ayam Mang Haji Oyo Yang Melegenda

Sebarkan artikel ini
Foto: dok. DetikFood

BANDUNGMU.COM – Bagi warga Kota Bandung, pasti tidak asing lagi dengan Bubur Ayam Mang Haji Oyo yang sudah berdiri sejak lama. Tekstur buburnya khas kental sehingga menjadi terasa nikmat di lidah.

Nah jika saat ini kamu sedang berada di Kota Bandung, kamu bisa mampir makan Bubur Ayam Mang Haji Oyo yang sudah melegenda. Kenapa harus Bubur Ayam Mang Haji Oyo? Karena bubur ini sangat terkenal di Bandung.

Seperti apa kisah enaknya bubur Haji Oyo? Berikut ulasannya yang disadur dari Travelingyuk.com.

Sudah Mulai Beroperasi Sejak 1970-an

Bubur Mang Haji Oyo ini sudah ada sejak 1970-an, tepatnya pada 1976. Jika dihitung-hitung, tempat kuliner populer di Bandung ini sudah berjalan sekitar 42 tahun lamanya. Sekarang, Bubur Ayam Mang Haji Oyo sudah dikelola oleh gerenasi kedua yang bernama Dedy Hikmat.

Baca Juga:  Hadapi Covid-19 dengan Jiwa Lapang dan Ikhtiar Maksimal

Singkat cerita, sebelum menjual bubur ayam, ternyata Mang Oyo telah berjualan bubur lemu atau bubur sumsum terlebih dahulu. Lalu barulah pada 1976, Mang Oyo berjualan bubur ayam.

Tidak seperti sekarang, awalnya bubur ayam racikan Mang Oyo memiliki tekstur encer. Namun sejak 1989 hingga kini, jadilah buburnya memiliki tekstur kental. Racikannya pas dan tidak bikin enek.

Bubur Kental Adalah Menu Andalannya

Menu andalan di tempat makan ini adalah bubur kental. Menu-menunya memiliki nama yang unik, misalnya saja atelpin atau ayam telor pindang, apel atau ati ampela, acak atau ayam cakue, dan lain-lain.

Baca Juga:  Jalan-jalan ke Cianjur, Jangan Lupa Beli Tauco Cap Meong yang Melegenda

Sementara itu untuk bubur ayam komplet akan ada bubur, suwiran ayam, cakue, ati ample, telor, kacang goreng, bawang goreng, dan tidak lupa irisan daun seledri yang membuat rasanya makin nikmat.

Lokasi Bubur Ayam Mang Oyo

Tempat berjualan Bubur Ayam Mang Oyo sudah ada lima cabang berbeda. Lokasi tempat kuliner Bandung ini berada di Jalan Sulanjana 30 Bandung, buka pagi dan sore harinya bisa didatangi di Jalan Gelapnyawang, di depan Villa Merah ITB.

Baca Juga:  Resmi Beroperasi, Klinik Utama Kardia Siap Tangani dan Jaga Kesehatan Jantung Masyarakat Kota Bandung

Kamu juga bisa mampir di cabang lain yaitu berada di Jalan Surya Soemantri, Jalan Surapati No. 63, dan Jalan Ir. H. Djuanda di Dago samping toko Kartika Sari, Bandung.

Rasa Tidak Berubah

Bubur Mang Haji Oyo memang telah terbukti bisa bertahan dari kerasnya persaingan bisnis kuliner yang semakin ketat.

Rasanya juga tidak banyak berubah, teksturnya kental dan rasanya juga lezat. Tidak heran jika Bubur Mang Haji Oyo jadi favorit banyak orang.

Jika jalan-jalan ke Kota Kembang, jangan lupa sarapan di Bubur Ayam Mang haji Oyo Bandung ya. Selamat mencoba!***

PMB UM Bandung