UMBandung
Sosbud

Bandung Pecahkan Rekor Bermain Angklung Terlama 12 Jam Non Stop

×

Bandung Pecahkan Rekor Bermain Angklung Terlama 12 Jam Non Stop

Sebarkan artikel ini
Foto: bandung.go.id.

BANDUNGMU.COM, Bandung — Kota Bandung memecahkan rekor bermain angklung terlama, yaitu selama 12 jam. Penghargaan ini diberikan oleh Original Rekor Indonesia (ORI) pada Sabtu malam, 8 Juni 2024, dalam puncak acara “12 Jam Bandung Ngurulung Angklung.”

Acara ini menampilkan sekitar 56 grup angklung dari berbagai sanggar, komunitas, dan sekolah. “Kami selalu mendukung penuh berbagai aktivitas yang melestarikan dan memperkenalkan budaya, khususnya angklung, kepada masyarakat,” ujar Eric seperti dikutip dari laman bandung.go.id.

Eric juga mengajak seluruh peserta dan masyarakat untuk terus melestarikan budaya angklung melalui berbagai kegiatan seni yang inovatif dan kreatif. Dirinya mendorong keterlibatan aktif pemerintah dan masyarakat untuk menjalin kolaborasi dan sinergi dalam mewujudkan Kota Bandung yang maju dan berkelanjutan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Arif Syaifudin, menyatakan bahwa Pemkot Bandung akan melakukan berbagai upaya untuk melestarikan angklung. Salah satu upaya tersebut adalah menyiapkan Surat Edaran agar angklung dapat diperkenalkan di kafe dan restoran di Kota Bandung. “Kami telah memecahkan rekor dan sebagai upaya pelestarian, kami sedang menyusun Surat Edaran agar angklung dapat diperkenalkan di kafe dan restoran di Kota Bandung,” ujar Arif.

Baca Juga:  SMP Muhammadiyah 8 Bandung Lestarikan Budaya Indonesia

Pada kesempatan tersebut, ketetapan rekor dan penyerahan penghargaan disampaikan oleh President Original Rekor Indonesia, Guruh Susanto. Ia menyampaikan selamat atas pencapaian Kota Bandung. “Pemecahan rekor bermain angklung terlama selama 12 jam non-stop dalam rangka Bandung Kota Angklung 2024 kami nyatakan berhasil,” ujar Guruh.

Kegiatan “12 Jam Bandung Ngurulung Angklung” berlangsung dari pukul 06.30 WIB hingga 20.30 WIB. Ribuan pengunjung silih berganti menikmati pertunjukan angklung dari 56 seniman. Selain itu, tersedia berbagai lapak UMKM yang berjualan sepanjang acara berlangsung.***

Baca Juga:  Badak Putih, Penunggu Setia Balai Kota Bandung

___

Sumber: bandung.go.id

Editor: FA

PMB UM Bandung