UMBandung
Sosbud

Jadi Makanan Populer dan Banyak Digemari, Inilah Sejarah Tahu Yang Sudah Ada Sejak Dinasti Han

×

Jadi Makanan Populer dan Banyak Digemari, Inilah Sejarah Tahu Yang Sudah Ada Sejak Dinasti Han

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi (Istockphoto)

BANDUNGMU.COM — Semua masyarakat Indonesia pasti tahu dengan makanan yang satu ini. Ya, inilah tahu, makanan yang dibuat dari endapan perasan biji kedelai yang mengalami koagulasi.

Mengutip Wikipedia, tahu berasal dari Tiongkok, seperti halnya kecap, tauco, bakpau, dan bakso. Nama tahu merupakan serapan dari bahasa Hokkian, tauhu, yang secara harfiah berarti “kedelai terfermentasi”.

Tahu telah dikenal di Tiongkok sejak zaman Dinasti Han sekitar 2200 tahun lalu. Penemunya adalah Liu An yang merupakan seorang bangsawan, cucu dari Kaisar Han Gaozu, Liu Bang, yang mendirikan Dinasti Han.

Versi tahu yang dikenal di Jepang adalah tahu sutra. Tahu sutra lebih lunak dan kurang tahan terhadap pengolahan lebih lanjut sehingga biasanya dikonsumsi mentah.

Tahu secara umum dibawa para perantau Cina ke seluruh penjuru dunia sehingga menyebar ke Asia Timur, Asia Tenggara, lalu ke seluruh dunia.

Tahu telah mengalami indigenisasi di Indonesia sehingga muncul berbagai varian tahu serta panganan berbahan tahu. Tampilan luar tahu ada yang berwarna putih maupun kuning.

Baca Juga:  Catat! Inilah 5 Tanaman Hias yang Berkhasiat sebagai Obat

Oleh karena itu, tahu menjadi bagian tidak terpisahkan yang ditemui di tempat makan berbagai tingkat sosial di Indonesia bersama-sama dengan tempe.

Di Kediri tahu kuning menjadi makanan khas. Tahu ini dikenal sebagai tahu takwa. Tempat lain yang juga terasosiasi dengan tahu adalah Sumedang (tahu Sumedang).

Tahu masih terkait dengan kembang tahu dan tauhue (juga disebut sebagai “kembang tahu”) menurut cara pembuatannya.

Aneka makanan yang melibatkan tahu antara lain tahu bacem, tahu bakso, tahu campur, tahu guling, tahu isi (tahu bunting), perkedel tahu, dan kerupuk tahu, tahu pedes, tahu krispi, tahu petis dan tahu gimbal.

Tahu goreng biasanya dihidangkan untuk menemani makanan berkuah cair, seperti mi bakso dan soto; atau batagor. Siomay, salah satu bentuk dimsum, juga menggunakan tahu kukus sebagai komponennya.

Tips mengolah tahu

Memasak tahu di rumah bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan memuaskan. Berikut adalah beberapa tips sederhana untuk menciptakan hidangan tahu yang lezat.

Baca Juga:  Inilah Tips Pertolongan Pertama Selamatkan Korban Tenggelam

1. Pilih tahu berkualitas

Pastikan tahu yang Anda beli berkualitas baik. Pilih tahu segar dengan aroma yang lembut dan tekstur yang kenyal.

2. Perendaman tahu

Rendam tahu dalam air hangat selama beberapa menit sebelum memasak. Ini membantu menghilangkan rasa langu atau kandungan air berlebih yang mungkin dimiliki tahu.

3. Pengeringan tahu

Setelah merendam, peras tahu dengan lembut untuk menghilangkan kelebihan air. Tahu yang kering akan lebih mudah menyerap bumbu dan hasilnya lebih renyah setelah dimasak.

4. Pemotongan yang kreatif

Coba variasikan bentuk pemotongan tahu untuk memberikan tampilan menarik dan tekstur yang berbeda. Misalnya, potong tahu menjadi dadu kecil untuk tumisan atau iris tipis untuk tumis sayur.

5. Marinasi yang diam-diam

Jika waktu memungkinkan, marinasi tahu sebelum dimasak untuk meningkatkan rasa. Gunakan bumbu sesuai selera, seperti kecap, bawang putih, jahe, atau rempah-rempah favorit Anda.

6. Penggorengan yang tepat

Jika Anda menggoreng tahu, pastikan minyak sudah cukup panas sebelum meletakkan tahu. Goreng tahu dengan minyak yang cukup banyak untuk memastikan hasilnya renyah dan kecokelatan.

Baca Juga:  Inilah Fakta Unik Pengusaha Sukses Negeri Tiongkok Jack Ma yang Perlu Kamu Tahu

7. Pemanasan wajan

Sebelum memasak, panaskan wajan dengan baik untuk memastikan tahu tidak menempel pada permukaan wajan. Penggunaan wajan anti lengket dapat membantu mempermudah proses memasak.

8. Eksperimen dengan bumbu

Jangan ragu untuk bereksperimen dengan berbagai bumbu. Tambahkan kecap manis, saus tiram, atau kecap inggris untuk memberikan rasa yang beragam pada tahu.

9. Tambahan sayuran

Gabungkan tahu dengan sayuran favorit Anda untuk menciptakan hidangan yang lebih seimbang dan bergizi. Brokoli, wortel, dan paprika adalah pilihan yang seringkali cocok.

10. Sajikan dengan sambal atau saus

Sajikan tahu dengan sambal atau saus favorit untuk memberikan sentuhan pedas atau kelembutan pada hidangan. Ini akan meningkatkan citarasa dan membuat hidangan lebih menggugah selera.

Ingatlah bahwa memasak adalah seni yang personal. Jadi, jangan takut untuk menyesuaikan tips ini sesuai dengan selera dan preferensi kuliner Anda. Selamat mencoba memasak tahu yang lezat di dapur Anda.***

PMB UM Bandung