Yaya Sunarya: Kondisi Fisik Pemain Persib Belum Maksimal

oleh -
Pelatih Fisik Persib Bandung Yaya Sunarya. (Muhammad Ginanjar).

BANDUNGMU.COM – Pelatih fisik Persib Bandung, Yaya Sunarya, memastikan kondisi para pemainnya tidak akan mencapai 100 persen saat melakoni Liga 1 2021-2022. Persiapan yang mepet menjadi alasannya.

Terbukti, Persib hanya baru beberapa kali menggelar latihan bersama. Bahkan satu laga uji coba yang didapat pun dilakukan dengan menghadapi tim dari Diklat Persib. Masing-masing Persib U-18 dan Persib U-20.

“Kondisi pemain kita belum bisa bilang kondisinya sudah dalam kondisi 100 persen. Karena kita tahu sendiri, persiapan tim ini, kemudian ketika tim juga bisa latihan bersama masih bisa dibilang masih dini. Jadi kita hanya buat latihan berdasarkan karakter pemain dengan skema yang kita siapkan supaya ada visi yang sama. Kalau pun nanti dalam latihan ada kondisi pemain yang bisa dibilang tidak siap, setidaknya kita bisa antisipasi itu,” ujar Yaya di Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Senin (30/8/2021).

Yaya tidak memungkiri kondisi ini sangat sulit bagi pemain. Terlebih sudah hampir dua tahun lamanya tidak menjalani kompetisi akibat pandemi Covid-19.

Bisa dibuktikan, banyak pemain mengalami kram di tiga pertandingan awal Liga 1 2021-2022. Mulai dari pemain Bali United, Persik Kediri, Persipura Jayapura, Persita Tangerang, Bhayangkara FC, hingga Persiraja Banda Aceh.

“Itulah dampak dari kompetisi yang terhenti hampir dua tahun, kompetisi tidak berjalan, kemudian kompetisi mulai berjalan informasinya memang bisa dibilang tidak ada konfirmasi yang jelas karena di masa PPKM. Tentunya susah bagi beberapa tim yang terkendala status zona di daerah tertentu,” tuturnya.

Semisal, lanjut Yaya, seperti yang dialami Persib yang kesulitan untuk menggelar latihan bersama karena PPKM di Kota Bandung masuk dalam level 4. Artinya, beberapa kegiatan mengalami keterbatasan.

“Kita bisa lihat di laga pertama ada beberapa pemain yang tidak siap untuk bertanding 90 menit dan itu menjadi bahan buat kita seandainya kita mengalami hal yang sama. Karena yang saya bilang tadi untuk mengantisipasi jadwal latihan yang sudah rencananya kita main minggu depan kemungkinan kita hanya bisa memaksimalkan karakteristik pemain dengan kelebihannya, kemudian disatukan dengan satu visi apa yang kita inginkan dengan skema yang kita buat,” katanya.

Jadwal tanding

Jadwal Persib Bandung di Liga 1 2021-2022 bocor. Sesuai dengan kabar yang beredar di media sosial, tim berjulukan Maung Bandung ini akan melakoni laga pertamanya melawan Barito Putera pada Sabtu (4/9/2021).

Namun, tidak sebutkan tempat pertandingan yang akan dijalani kedua tim. Kemungkinan besar karena masih menunggu keadaan kasus Covid-19 di daerah tertentu serta izin dari pihak Kepolisian Republik Indonesia.

Yaya Sunarya membenarkan hal itu. Namun, ia belum bisa sepenuhnya percaya lantaran manajemen PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) belum mengkonfirmasi kebenaran jadwal tersebut.

“Dari apa yang sudah disampaikan manajemen, kita kemungkinan lawan Barito tanggal 4. Tapi belum tahu kepastian jadwalnya, betul atau enggaknya, kita masih menunggu,” ujar Yaya.

Yaya memastikan Persib masih menunggu kepastian mengenai jadwal tersebut. Terlebih, dari jadwal tersebut disebutkan bahwa laga melawan Barito Putera akan diselenggarakan tepat pukul 20.30 WIB.

“Sampai saat ini kita belum bisa bilang mengenai informasinya kita lawan Barito, kemudian tanggal 4, jam setengah 9 misalnya, karena kita lihat nya dari pertandingan sebelumnya jam 7 ya, nah kita gak tahu,” katanya.

Yaya hanya berharap jadwal tersebut bisa segera dikeluarkan secara resmi oleh PT LIB. Setidaknya jadwal itu tersusun sampai pada season pertama.

“Karena dari jadwal sebelumnya, kita itu ada season satu sampai tiga, beda-beda tempat. Tapi kita gak tahu apakah tempatnya memang sama seperti yang direncanakan oleh LIB, kita gak tau,” tegasnya. (Muhammad Ginanjar/Inilahkoran.com).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *