The Jakmania Siap Dukung Persija Jakarta dari Rumah, Bagaimana dengan Bobotoh?

oleh -
Foto: Armin Abdul Jabbar/PR

BANDUNGMU.COM – Suporter Persija Jakarta, The Jakmania, siap tidak ke stadion saat Liga 1 2021 bergulir. Mereka bakal memberikan dukungan dari rumah ketika ”Macan Kemayoran” bertanding.

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), telah menyatakan kompetisi digelar tanpa kehadiran suporter. Langkah tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang belum berhenti.

Nobar dari Rumah

”Dari awal kami sudah oke sama semua sistem yang dibuat. Kami siap mematuhi segala protokol yang ditetapkan,” kata Ketua Umum The Jakmania, Diky Soemarno.

Kendati demikian, Diky tidak bisa secara tegas melarang nonton bareng (nobar). Menurutnya, hal tersebut merupakan kewenangan masing-masing daerah.

”Untuk nobar, kami mengembalikan ke daerah masing-masing, ketetapannya seperti apa. Karena kebijakan setiap daerah berbeda-beda,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, meminta tidak ada suporter yang melakukan nobar. Lebih baik mereka menyaksikan tim kesayangannya bertanding dari rumah masing-masing.

”Suporter tidak boleh melakukan kerumunan atau nobar. Bisa dievaluasi lagi izinnya. Cukup nonton di televisi,” ucap sosok yang karib disapa Iwan Bule tersebut.

Sampai sekarang belum diketahui jadwal resmi kompetisi Liga 1 2021 kapan dilaksanakan. PSSI bakal membahas persoalan tersebut ketika Kongres Tahunan digelar pada 29 Mei mendatang.

Kini PSSI dan PT LIB sedang fokus mendapat izin dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Izin tersebut menjadi syarat utama yang mesti dipegang untuk memutar kompetisi musim 2021.

Turnamen

PSSI dan PT LIB berencana melangsungkan turnamen pramusim sebelum kompetisi dilaksanakan. Ajang tersebut dijadikan untuk persiapan klub jelang musim 2021.

Adapun turnamen tersebut akan diikuti oleh 20 kontestan. Semua klub Liga 1 diajak berpartisipasi, tetapi hanya dua klub Liga 2 yang masuk rencana, yakni PSMS Medan dan Sriwijaya FC.

Turnamen pramusim tersebut bakal dilangsungkan di empat kota, yaitu Solo, Semarang, Magelang, dan Sleman. Rencananya ajang tersebut dimulai pada 20 Maret hingga 25 April mendatang.

Saat ini skuad Persija masih diperintahkan berlatih dari kediaman masing-masing. Ismed Sofyan dan kawan-kawan telah melakukannya sejak beberapa bulan lalu.

Belum diketahui sampai kapan latihan mandiri tersebut dilaksanakan. Juara Liga 1 2018 tersebut masih menunggu perkembangan situasi yang ada.

Sumber: goal.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *